Pernahkah kamu membaca bacaan yang disertai dengan tabel atau diagram? Tabel atau diagram merupakan alat pelengkap yang akan memudahkan kamu untuk menemukan informasi secara cepat. Dapatkah kamu membaca tabel atau diagram dengan baik? Bagaimana cara menemukan informasi secara cepat dari tabel atau diagram?
Tabel merupakan daftar berisi ikhtisar data atau informasi yang tersusun urut ke bawah dalam lajur dan deret tertentu dengan garis pembatas sehingga mudah dibaca dan dipahami. Cara membaca tabel adalah
- membaca judul tabel terlebih dahulu,
- membaca bagian-bagian dalam kolom tabel,
- membaca bagian-bagian dalam baris tabel, dan
- membuat kesimpulan berdasarkan isi tabel.
Diagram merupakan sketsa untuk menunjukkan atau menerangkan sesuatu. Data disampaikan melalui gambar. Diagram memiliki bentuk yang beraneka ragam. Bentuk diagram, antara lain diagram gambar, diagram lingkaran, diagram batang, diagram garis, dan diagram pohon. Cara membaca diagram adalah:
- membaca judul diagram,
- membaca informasi/data yang terdapat pada diagram,
- mengajukan pertanyaan tentang isi diagram, dan
- membuat simpulan isi diagram berdasarkan jawaban pertanyaan tentang diagram.
Perhatikan dan bacalah tabel berikut ini!
Tabel Daftar Pemenang Lomba Olympiade Sains
Tabel Daftar Pemenang Lomba Olympiade Sains
No.
|
Nama Peserta Total Nilai
|
No. Undian
|
Total Nilai
|
Juara
|
Asal Sekolah
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Risma Mayasari
Hanung Arianto
Yasmin Dian R.
Widodo
Paramesti Indah
|
11
31
60
64
10
|
600
650
720
770
820
|
Harapan II
Harapan II
III
II
I
|
SMP Wiyata Mandala
SMP Tunas Bangsa
SMP Sekar mulia
SMP Sinar Baru
SMP Bintang Laut
|
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
- Berapa nomor undian Risma Mayasari?
- Berapa total nilai Widodo?
- Dari mana asal sekolah Paramesti Indah?
- Bagaimana prestasi Hanung Arianto?
- Siapa yang mempunyai nilai terendah?
Perhatikan diagram lingkaran berikut ini!
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
- Kegiatan apa yang paling banyak diikuti siswa?
- Berapa jumlah pengikut kegiatan kesenian?
- Berapa persen murid yang mengikuti kegiatan voli?
Perhatikan informasi dalam diagram batang berikut!
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
- Data tentang apa yang disajikan dalam diagram di atas?
- Tahun berapa jumlah murid paling sedikit?
- Berapa jumlah murid tahun 2004–2005?
- Berapa selisih jumlah murid antara 2000–2001 dan 2004–2005?
- Berapa jumlah murid terbanyak yang pernah ada?
- Apa yang dimaksud dengan tabel dan diagram?
- Buatlah pertanyaan mengenai isi tabel di atas!
- Informasi apakah yang kamu temukan berkaitan dengan pertanyaan nomor 7?
- Amati dan pahami contoh kedua diagram di atas!
- a. Buatlah pertanyaan mengenai isi diagram lingkaran di atas! b. Buatlah pertanyaan mengenai isi diagram batang di atas!
- Informasi apakah yang kamu temukan berkaitan dengan pertanyaan nomor 10?
- a. Apakah simpulan isi tabel?, b. Apakah simpulan isi diagram lingkaran?, c. Apakah simpulan isi diagram batang?
Share This :
comment 0 Komentar Yang Masuk
more_vert