ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM101

Contoh Tanaman Tahunan Lengkap Beserta Gambar

Sabtu, 08 Oktober 2016
Contoh Tanaman Tahunan Lengkap - Dalam dunia pertanian dikenal dua macam tanaman yaitu tanaman tahunan dan tanaman semusim. Tanaman Tahunan memiliki arti yaitu tanaman yang berbuah setiap tahun dan setiap saat tetapi membutuhkan waktu lama untuk berbuah dari waktu tanam hingga waktu panen.


Kebalikan dari tanaman tahunan yaitu tanaman semusim. Apa itu tanaman semusim? Tanaman semusim yaitu tanaman yang hanya berbuah dan berproduksi secara efektif pada musimnya saja. Kita semua pasti sudah tahu tanaman semusim, misalnya musim tanaman rambutan, musim tanaman kelengkeng dan masih banyak lagi tanaman semusim.

Namun pada artikel kali ini, kita hanya akan membahas secara lengkap mengenai Tanaman Tahunan lengkap dengan gambarnya. Langsung saja kita baca apa saja contoh tanaman tahunan itu.

Contoh Tanaman Tahunan

Kopi

Tanaman tahunan kopi
Tanaman Kopi



Tanaman kopi merupakan salah satu contoh tanaman tahunan, kopi merupakan komoditi eksport yang cukup laris dan menguntungkan karena mempunyai nilai jual ekonomi yang relatif tinggi di kancah internasional, Selain itu tanaman kopi ini merupakan salah satu komoditas unggulan yang banyak dikembangkan di provinsi Jawa Barat. Kopi membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghasilkan biji kopi yang berkualitas.

Pala


Tanaman tahunan pala
Tanaman Pala

 

Tanaman pala (Myristica Fragrans Hout) adalah salah satu produk tanaman tahunan. Pala sudah dikenal sebagai tanaman rempah-rempah sejak abad ke-18. Hingga saat ini Indonesia adalah  produsen pala terbesar dunia yaitu sekitar 70% hingga 75%. Negara produsen pala lainnya yang cukup besar adalah grenada sebesar 20% hingga 25 %, kemudian selebihnya Malaysia, India, dan Srilanka.

Umumnya buah paladapat dipanen setelah memiliki cukup umur yang tua, umur buah kurang lebih 6 bulan sejak dari masa berbunga.  Terdapat tanda-tanda buah pala yang sudah cukup tua yaitu jika sebagian buah pala dari suatu pohon sudah merekah.

Cengkeh

Tanaman tahunan cengkeh
Tanaman Cengkeh

 

Tanaman cengkeh (Syzigium aromaticum) adalah salah satu contoh tanaman tahunan yang sering dikenal sebagai apotik hidup. Apotik hidup merupakan tanaman yang dapat dijadikan sebagai obat-obatan. Cengkeh digolongkan sebagai salah satu penghasil minyak astiri yang biasa dipakai sebagai bahan baku industri makanan maupun industri farmasi, sedangkan penggunaan yang terbanyak sebagai bahan baku rokok.

Cengkih dapat mulai dipanen ketika umur tanaman 4,5 tahun hingga menuju 6,5 tahun, untuk memperoleh kualitas yang baik bunga cengkih dipetik saat sudah benar-benar matang yaitu saat kepala bunga kelihatan sudah penuh tetapi belum membuka. 

Durian

Tanaman tahunan durian
Tanaman Durian

 

Semua orang pasti mengenal buah durian. Baunya yang khas menjadi kenikmatan tersendiri ketika sedang menyantap durian. Durian adalah salah satu contoh tanaman tahunan, Jenis varietas dari buah durian memiliki pengaruh terhadap masa panen. Jenis durian monthong sekitar 125 - 135 hari setelah bunga mekar, jenis durian chanee sekitar 110 - 116 hari setelah bunga mekar. Buah durian mengalami tingkat kematangan yang paling sempurna yaitu saat 4 bulan setelah bunga mekar.

Waktu petik berdasar tanda-tanda fisik, misal ujung duri coklat tua, garis-garis di antara duri lebih jelas, tangkai buah lunak dan mudah dibengkokkan, ruas-ruas tangkai buah membesar, baunya harum, terdengar bunyi kasar dan bergema jika buah dipukul.
Demikian pembahasan lengkap mengenai Contoh Tanaman Tahunan Beserta Gambar Lengkap Semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua untuk menambah ilmu dan pengertahuan. Mohon maaf apabila masih terdapat banyak kesalahan.
Share This :